Minggu, 12 April 2009

Apa Itu Gas Rumah Kaca

Atmosfer yang ada di permukaan bumi terdiri dari beberapa gas yang berbeda-beda dan mempunyai fungsi yang berbeda beda pula, nah di atmosfer itu sendiri ada suatu kelompok gas yang dapat menjaga permukaan bumi agar tetap hangat, kelompok gas inilah yang disebut GAS RUMAH KACA..


Kenapa disebut gas rumah kaca ya? memangnya bumi itu seperti rumah kaca? jawabannya secara fungsi iya, gas-gas yang berada di atmosfer itu mempunyai fungsi seperti rumah kaca. Rumah kaca adalah adalah sebuah rumah yang berfungsi menahan panas matahari, sehingga suhu didalamnya tetap hangat, dengan demikian maka tanaman yang ada didalamnya akan tumbuh dengan baik disebabkan panas matahari yang cukup.

Gimana masih bingung? atau tambah bingung?? hehe... :p.

Planet bumi tercinta ini sangat membutuhkan gas-gas tersebut agar kondisi suhu didalamnya tetap terjaga, termasuk di rumah kita, taman kita, toilet kita(hihi..)pokoknya semuanya, agarnya lagi kita bisa hidup dengan nyaman. Lalu jika tidak ada gas tersebut bagaimana? Jika tidak ada gas-gas tersebut maka suhu dibumi akan sangat dingin, loh bukannya malah panas karena sinar matahari dapat langsung ke bumi? Iya juga ya..hehe.. :p.

Tapi mungkin aja begini(mungkin loh ya..sekali lagi mungkin), dingin maksudnya kalo pas malam hari. Kenapa? Karena suhu panas yang datang diwaktu siang tidak ada yang mengisolasi agar tetap berada dibumi. Maksudnya suhu tersebut langsung ilang plasss...gitu..kayak kalo kita kentut, karena tidak ada yang mengisolasi jadi hawa yin(baca: kentut) tersebut langsung ngilang gitu aja. Beda kalo kentutnya di dalam sarung, bisa dibayangkan muka kita akan biru...kayak habis kena musibah...hah..haaa...:). Sebagai perbandingan, planet Mars mempunyai suhu rata-rata -32 derajat Celcius, ini diakibatkan karena lapisan atmosfer yang tipis dan tidak memiliki efek rumah kaca.

Penyebab terbesar pemanasan global saat ini adalah Karbon Dioksida(CO2), Metana(CH4) yang dihasilkan agrikultu dan peternakan(terutama dari sistem pencernaan hewan ternak), Nitrogen Oksida(NO) dari pupuk, dan gas yang digunakan untuk kulkas dan pendingin ruangan(CFC)..Centucky Fried Chicken..eh bukan ya...??? :p Rusaknya hutan yang harusnya sebagai penyimpan gas CO2 juga memperparah kondisi ini, kenapa? karena pohon-pohon yang mati akan melepaskan CO2 ke atmosfer.

STOP GLOBAL WARMING !!!
JIKA ANDA MENCINTAI PLANET INI
JIKA ANDA MENCINTAI ANAK CUCU ANDA
BERTINDAKLAH SEKARANG !!!

Comments :

0 komentar to “Apa Itu Gas Rumah Kaca”

Posting Komentar

Arsip

 

Copyright © 2009 by Antegpala-Team